KTT ASEAN 2023: Peluang Tingkatkan Reputasi UMKM Indonesia

Dipublish Pada
September 7, 2023
KTT ASEAN 2023: Peluang Tingkatkan Reputasi UMKM Indonesia

Perayaan KTT ASEAN Summit di Indonesia

KTT ASEAN 2023 ke-43 dilaksanakan di Jakarta, yang merupakan lanjutan dari acara pertemuan ke-42 yang sebelumnya dilaksanakan di Labuan Bajo. Pelaksanaan KTT yang diadakan dua kali dimaksudkan untuk memisahkan dua jenis pertemuan, yaitu internal ASEAN dan pertemuan dengan negara mitra di luar ASEAN. Acara ini merupakan acara pertemuan antar pemimpin negara anggota ASEAN yang dilakukan dua kali dalam setahun. Pada acara ini pemimpin negara akan membicarakan topik terkait ekonomi, budaya serta keamanan negara-negara Asia Tenggara. Terlepas dari acara kedua maupun pertama, KTT ASEAN tetap memiliki tujuan untuk mencapai kepentingan negara-negara anggota ASEAN.

Sumber: cnbcindonesia.com

Tujuan Dilaksanakan KTT ASEAN

KTT ASEAN secara umum, memiliki tujuan untuk menyatukan suara dan menguatkan kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya acara ini mampu menciptakan kedamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, tujuan untuk memperkuat kerjasama ekonomi antar negara anggota dilakukan, agar dapat mengurangi hambatan perdagangan antar sesama negara. Dengan demikian, tujuan mulia ini diharapkan dapat terwujud dengan dilaksanakannya KTT ASEAN secara rutin setiap tahun agar menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Asia Tenggara.

Perkuat Peran UMKM dalam Sektor Ekonomi Lingkup Negara ASEAN

Sumber: kompas.com

Sejalan dengan tujuan ekonomi yang ingin dicapai, pelaksanaan KTT ASEAN di Indonesia dijadikan sebagai ajang memperkenalkan UMKM lokal. Hal ini dapat dilihat saat terpilihnya 10 UMKM untuk memasarkan produknya di labuan bajo serta diadakannya ASEAN Weekend Market. Dengan demikian, harapannya UMKM bisa meningkatkan kerjasama ekonomi antar negara serta bertransformasi ke era digital . Lantas, bagaimana cara memanfaatkan momen ini untuk membangun reputasi UMKM lokal di mata negara-negara anggota ASEAN? Berikut peluang yang dapat anda terapkan: 

Memperkenalkan Produk Anda sebagai Produk yang Dibutuhkan oleh Masyarakat Asia Tenggara

Kebutuhan masyarakat akan suatu produk barang atau jasa, semakin meningkat seiring berkembangnya zaman saat ini. Dilaksanakannya KTT ASEAN 2023 di Indonesia, dapat menjadi ajang menunjukkan bahwa produk UMKM lokal dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ASEAN. Oleh sebab itu, adanya event ini dapat menjadi ajang memperkenalkan produk dan mampu menciptakan peluang dalam memperluas kolaborasi dan target pasar untuk produk anda.

Membangun Relasi dengan Pengusaha Lain di Kawasan Asia Tenggara

Kerjasama ekonomi yang menjadi salah satu concern pembahasan KTT ASEAN, dapat dijadikan peluang untuk mencari mitra usaha anda. Produk dari usaha yang anda miliki dapat anda tawarkan ke pengusaha/investor lokal maupun negara lain untuk menjadi mitra usaha anda. Kerja sama ini dapat berupa investasi, pinjaman modal usaha hingga membantu memasarkan produk di negara mitra.

Bertransformasi Menuju UMKM Berbasis Digital

Teknologi digital saat ini menjadi sebuah keharusan untuk dikuasai. Suatu kemunduran jika suatu sektor terlambat dalam mengadopsi teknologi. Termasuk UMKM, sektor ini harus mampu mengadopsi teknologi agar dapat bersaing di era ekonomi digital. Contoh teknologi digital yang dapat diterapkan seperti, e-commerce, fintech, pembayaran digital, aplikasi kasir, pemasaran digital dan sebagainya. Oleh sebab itu, adanya event ini dapat menjadi ajang dalam bertukar teknologi dengan pengusaha atau UMKM negara-negara anggota ASEAN. Ajang tukar teknologi dapat menjadi suatu gambaran bahwa UMKM lokal juga tidak mau ketinggalan akan teknologi digital. 

Menerapkan Sistem Transaksi Digital 

Transaksi digital telah menjadi pilihan sebagian besar masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, kemudahan yang diciptakan membuat masyarakat merasa lebih nyaman bertransaksi secara digital. Oleh karena itu, menerapkan sistem transaksi digital akan memberikan citra yang baik bagi UMKM. Terlebih, jika sistem transaksi yang digunakan dapat digunakan di negara-negara anggota ASEAN. Dengan transaksi digital ini akan banyak memberi kemudahan kepada pelaku usaha. Diluar dari itu, penerapan transaksi digital akan mendorong inklusi keuangan dengan tersedianya berbagai metode pembayaran yang mudah diakses masyarakat. 

Ciptakan Eksistensi UMKM dengan IndibizPAY

Menerapkan UMKM berbasis digital akan memperkuat reputasi UMKM lokal dimata negara-negara anggota ASEAN. Digitalisasi yang tercipta akan semakin memunculkan eksistensi UMKM lokal yang maju dan terpercaya dimata masyarakat. Oleh sebab itu, pelaku usaha harus mulai bertransformasi ke era digital dengan memanfaatkan peluang yang terbuka lebar. Raih peluang tersebut dengan menggunakan aplikasi indibizPAY pada usaha anda. Dengan akses serta pemakaian yang mudah dipahami, akan membuat usaha anda secara cepat bertransformasi menjadi UMKM digital. Tersedianya fitur yang beragam seperti pembayaran QRIS, PPOB, kasir, my rewards serta adanya fitur riwayat transaksi akan memudahkan anda dalam mengelola keuangan usaha. Dengan demikian, tingkat kepercayaan terhadap usaha anda akan semakin tinggi, sehingga mudah memperluas relasi untuk mendapatkan investor hingga modal usaha. Selain itu, dengan fitur pembayaran QRIS mancanegara, produk anda akan mudah dijangkau oleh pelanggan turis ASEAN. Mari wujudkan usaha digital bersama indibizPAY dan wujudkan eksistensi serta tingkatkan reputasi usahamu dimata negara-negara anggota ASEAN.