Pencatatan Yang Wajib Dimiliki Pemilik Usaha: UMKM Wajib Tahu!

Kategori
indibizPAY
Dipublish Pada
August 31, 2023
Pencatatan Yang Wajib Dimiliki Pemilik Usaha: UMKM Wajib Tahu!

Membangun Usaha Sebagai Pilihan Masa Kini

Usaha atau bisnis menjadi satu hal yang didambakan semua orang untuk dimiliki dan dikelola demi meraup keuntungan.  Bagaimana tidak, mendapatkan keuntungan dari hasil usaha/bisnis akan memberikan kepuasan tersendiri karena merupakan hasil kreativitas diri dalam meraup pundi-pundi uang. Lebih jauh, bertahan dengan berbagai macam cara akan diuji agar dapat mengelola usaha dari segala macam hambatan yang datang.  Oleh karena itu, saat ini mendirikan sebuah usaha adalah suatu pilihan utama yang bisa dijadikan ladang mencari uang yang sustainable.

Satu hal yang wajib tertanam dalam mental pelaku usaha adalah menciptakan usaha yang berkelanjutan. Usaha berkelanjutan akan menciptakan lingkungan usaha yang akan menghasilkan keuntungan, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi kebermanfaatan untuk orang sekitar. Oleh karena itu, dibutuhkan kiat-kiat usaha/bisnis yang harus diterapkan untuk mewujudkan usaha yang sustainable. Sehingga, persiapan yang matang dibutuhkan oleh calon business owner  yang telah memiliki usaha untuk memperbaiki manajemen usahanya.

Pentingnya Pencatatan Operasional Usaha

Pentingnya pencatatan transaksi untuk usaha
Sumber: www.belajarakuntansi.web.id

Mendirikan usaha tidak hanya sekedar mendapatkan keuntungan besar. Seringkali memiliki usaha juga gagal dalam mempertahankan usahanya dari masalah-masalah yang ada. Masalah-masalah tersebut biasanya muncul akibat manajemen usaha yang merupakan tameng sebuah bisnis masih lemah dalam menghalau masalah yang datang. Oleh karena itu, pentingnya memperkuat manajemen usaha untuk dapat menyiasati hal-hal buruk yang bisa saja menimpa usaha anda. 

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mulai mencoba melakukan manajemen usaha yang baik? Salah satunya yakni dengan menerapkan pencatatan operasional usaha dengan berbagai manfaat yang akan diperoleh, diantaranya: 

  • Memudahkan memantau kondisi usaha secara berkala. 
  • Memudahkan anda dalam mengambil langkah dan keputusan untuk keberlanjutan bisnis anda. 
  • Meningkatkan kredibilitas usaha anda dengan adanya bukti kondisi usaha melalui pencatatan operasional. Dengan ini, anda akan dengan mudah untuk melakukan kolaborasi dengan mitra karena memiliki transparansi dalam memantau kondisi usaha.

Lantas, apa saja yang penting pada pencatatan operasional usaha? Berikut merupakan 2 jenis pencatatan operasional yang penting untuk memperkuat manajemen usaha anda agar mampu bertahan diterpa badai masalah:

Pencatatan keuangan

Pencatatan keuangan adalah pencatatan yang berisi laporan transaksi yang terjadi pada suatu usaha. Baik usaha besar maupun kecil, keberadaan pencatatan keuangan penting untuk dimiliki agar pelaku usaha dapat membuat laporan keuangan. Laporan keuangan akan membantu pelaku usaha untuk mengetahui kondisi kesehatan finansial usaha yang dimiliki. Lebih lanjut, pencatatan keuangan akan memudahkan pelaku usaha untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan finansial usaha. Lebih jauh, laporan keuangan/laporan transaksi akan mempermudah pemilik usaha mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank. 

Pencatatan Ketersediaan Barang

Pencatatan ketersediaan barang merupakan proses pencatatan barang milik usaha yang akan dijual ke konsumen. Apapun jenis usahanya, masing-masing pasti memiliki jenis pencatatan sendiri dan hal tersebut wajib karena merupakan hal yang penting dalam manajemen usaha. Pencatatan persediaan barang penting untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki usaha sehingga dapat memproyeksikan keuntungan. Selain itu, dengan adanya pencatatan ini akan membantu mengetahui pergerakan barang sehingga meminimalisir resiko kehilangan atau kerusakan barang. 

Tips Pencatatan Operasional Usaha yang Sederhana

Gunakan Aplikasi IndibizPAY

Pencatatan di atas baik keuangan maupun persediaan barang memiliki beragam jenis metode akuntansi yang detail untuk usaha anda. Metode yang cukup kompleks akan cukup sulit untuk dipahami oleh para pelaku UMKM utamanya bagi pemula di dunia usaha. Oleh karena itu, sambil mempelajari proses pencatatan operasional usaha, indibizPAY hadir untuk membantu anda dalam memulai proses pencatatan mulai dari keuangan hingga stok barang. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam menggunakan aplikasinya karena memiliki fitur dan tampilan yang mudah dipahami. 

Pahami Waktu Pencatatan 

Pencatatan sebaiknya dilakukan setiap hari. Hal ini dimaksud agar mudah memanajemen data dengan baik, pekerjaan cepat terselesaikan, mengetahui untung rugi secara cepat serta mengurangi human error. Manfaat ini akan didapatkan jika pencatatan dilakukan secara digital menggunakan aplikasi indibizPAY. Adanya fitur riwayat transaksi akan memudahkan anda merekap riwayat transaksi dengan mudah secara digital dan tercatat otomatis secara realtime pada aplikasi. Ketersediaan fitur kasir selain memudahkan dalam pencatatan transaksi barang toko anda, juga akan memudahkan untuk menginput stok barang yang ada di toko. Sehingga, dengan adanya fitur ini dapat membantu anda untuk memantau ketersediaan stok yang ada di toko anda. Tanpa adanya batasan jenis badan usaha, baik itu UMKM, UD, PT dan badan usaha lain sangat disarankan menggunakan indibizPAY untuk memudahkan operasional usaha. Nikmati kemudahan penggunaan fitur dan tampilan yang sederhana dengan aplikasi indibizPAY. Buka peluang dan wujudkan harapan untuk buat bisnismu berkelanjutan dengan aplikasi indibizPAY.