Syarat dan Ketentuan
indibizPay merupakan aplikasi keuangan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia yang memiliki fitur utama pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), top up dan tagihan Payment Point Online Banking (PPOB), dan pencatatan transaksi (selanjutnya disebut “indibizPay” atau “kami” atau “Layanan”) yang dikelola PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, (selanjutnya disebut “TELKOM”).
Saat menggunakan Layanan indibizPay, Pengguna (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi) yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu.. indibizPay juga dapat menawarkan Layanan lain yang diatur oleh Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan lain yang akan diinfokan terlebih dahulu kepada Pengguna.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan indibizPay, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi. Jika Pengguna tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan yang telah ditetapkan, maka Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan.
A. Definisi
Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:
Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna pada situs www.indibizpay.id maupun aplikasi indibizPay yang diunduh melalui Google Playstore.
Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun nonelektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.
Data Toko adalah setiap informasi tentang nama, foto, dan alamat toko. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas sebagaimana disebutkan pada poin A.4.
Data Profil adalah data yang terdapat pada halaman profil bagi Pengguna.
Konsumen adalah daftar pembeli pada toko Pengguna yang melakukan transaksi di aplikasi indibizPay.
Layanan adalah fitur-fitur yang disediakan oleh indibizPay berbasis aplikasi bagi Pengguna berupa Pembayaran Digital, Top Up & Tagihan, dan Produk Toko.
Modal Usaha adalah saldo yang digunakan Pengguna untuk bertransaksi pada menu Top Up dan Tagihan
Pengguna adalah UMKM atau merchant yang sudah melakukan registrasi di aplikasi indibizPay.
Person in Charge (PIC) adalah pemegang Akun dan penanggung jawab Toko Pengguna.
Produk adalah barang yang diunggah oleh Pengguna ke menu Produk Toko di aplikasi indibizPay.
Produk Toko adalah fitur indibizPay yang memfasilitasi Pengguna untuk dapat mengunggah produk agar selanjutnya dapat melakukan pencatatan transaksi penjualan yang disertai keluarnya bukti atau struk transaksi.
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code yang dapat dipindai dengan mudah dan cepat.
Upgrade Akun adalah fitur dimana Pengguna dapat melakukan verifikasi Data Pribadi dan Data Toko untuk mendapatkan QR code.
Saldo Pendapatan adalah saldo yang didapatkan oleh Pengguna dari hasil pembayaran yang dilakukan oleh Konsumen.
Top Up & Tagihan adalah layanan tambahan dari indibizPay yang memfasilitasi Pengguna untuk berjualan pulsa, token listrik, air, top-up e-wallet dan membayar tagihan lainnya.
B. Akun dan Perilaku Pengguna
PIC dengan membuat Akun menyatakan bahwa PIC adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya mewakili Pengguna dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum
Hanya Pengguna yang memiliki Akun indibizPay yang dapat menggunakan Layanan indibizPay.
Untuk membuat Akun indibizPay, Pengguna akan diminta dan setuju untuk menunjuk PIC memberikan informasi dan Data Pribadi secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada indibizPay ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:
Nama Lengkap PIC
No. Telepon PIC
Nomor dan data diri PIC sesuai KTP
Alamat Lengkap
No. Rekening sesuai dengan PIC
Foto Toko dengan Produk Jualan
Alamat Toko
PIC bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun, password dan PIN Akun Pengguna.
Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi Akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan registrasi ke Akun Pengguna. indibizPay termasuk karyawan indibizPay tidak akan menanyakan password & PIN Pengguna (kecuali pada halaman di Aplikasi indibizPay ketika Anda masuk ke Akun indibizPay milik Anda melalui Aplikasi indibizPay dengan menggunakan device Anda). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
Apabila Pengguna memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka indibizPay berhak menolak permohonan pembuatan Akun indibizPay dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan indibizPay yang diberikan kepada Pengguna.
indibizPay berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun indibizPay sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun indibizPay.
Pengguna bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan password dan pin Akun indibizPay.
Pengguna menyetujui untuk segera memberitahukan indibizPay mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun indibizPay atau password dan pin secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan Akun Pengguna secepat mungkin.
Kami berhak untuk, membuang Produk dan Akun yang mengandung unsur ilegal, kasar, mengancam, fitnah, pencemaran nama baik, pornografi, cabul atau hal lainnya yang melanggar properti pihak tertentu.
Kekerasan tertulis maupun lisan yang dilakukan terhadap sesama Pengguna indibizPay dan/atau karyawan indibizPay dapat menyebabkan pemberhentian Akun secara langsung.
C. Penipuan dan Praktek Penipuan Lainnya
Pengguna tidak boleh mengakses dan menggunakan aplikasi dari Akun Pengguna lain dengan tujuan untuk memperoleh dan berbagi informasi dengan maksud untuk menipu, menyesatkan dan/atau merugihan pihak lain.
D. Keamanan, Privasi, dan Penggunaan Data Pengguna
Keamanan
Kami menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.
Kami berhak menolak aplikasi pendaftaran Anda sebagai Pengguna dengan alasan yang jelas.
Privasi
Kami memperlakukan Data Pengguna sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi kami.Penggunaan Data Pribadi
Kami hanya akan menggunakan Data Pengguna untuk dapat menghubungi Pengguna sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan, penawaran, penyelesaian masalah teknis atau hal lainnya yang terkait dengan indibizPay.
Kami tidak akan menggunakan Data Pengguna atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna.
E. Hak Kekayaan Intelektual
Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan indibizPay ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak manapun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Pengguna tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Pengguna menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke indibizPay dengan menghubungi kontak yang tersedia.
F. Produk
Produk yang diunggah ke dalam aplikasi indibizPay bukan merupakan barang terlarang yang tercantum dan dijelaskan pada poin J.3 Syarat dan Ketentuan ini.
Segala penyalahgunaan Produk, Hak Kekayaan Intelektual, atau apapun yang terkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Pengguna merupakan tanggung jawab penuh dari Pengguna dan indibizPay terlepas dari segala bentuk kewajiban apapun.
G. Modal Usaha
Modal Usaha yang telah diisikan oleh Pengguna harus dipergunakan sepenuhnya dan tidak dapat ditarik ke rekening Pengguna.
Apabila saldo Modal Usaha tidak mencukupi maka kekurangan saldo dapat dipenuhi dari Saldo Pendapatan.
Pengguna dapat melakukan pengisian dana Modal Usaha melalui beberapa metode yang disediakan pada aplikasi indibizPay, yaitu:
Virtual account (Bri, Mandiri, CIMB Niaga, Maybank)
Transfer Bank via Finpay (Mandiri, BCA, BTN, OCBC Niaga,Danamon, Maybank)
Gerai Retail via Finpay (Alfamart, Yomart, Yogya Group, POS Indonesia, Pegadaian)
Limit pengisian Modal Usaha terdiri atas 2 (dua) kategori, yaitu:
Pengguna dengan Akun yang belum melakukan Upgrade Akun, hanya dapat melakukan pengisian saldo maksimal sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah); dan
Pengguna dengan Akun yang sudah melakukan Upgrade Akun, maka dapat melakukan pengisian saldo maksimal hingga sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).
Dalam hal terjadi kendala atau kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka dapat melaporkan kendala tersebut dengan melampirkan bukti terkait kepada indibizPay.
H. Saldo Pendapatan
Saldo Pendapatan dapat ditarik dengan nilai minimal sebesar Rp13.000,00 (tiga belas ribu rupiah) dan maksimal sebesar Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).
Setiap penarikan Saldo Pendapatan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp3.000,00 (tiga ribu rupiah) dengan langsung mengurangi jumlah nilai yang diterima pada rekening Pengguna.
Dalam hal terjadi kendala atau kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka dapat melaporkan kendala tersebut dengan melampirkan bukti terkait kepada indibizPay.
I. Larangan dan Batasan Tanggung Jawab
Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan data yang terkandung dalam sistem elektronik indibizPay untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.
Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs indibizPay untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apapun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, “Sistem”).
Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.
indibizPay dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik indibizPay.
J. Pemblokiran Akun indibizPay
Pengguna memahami bahwa setiap atau seluruh penggunaan indibizPay dapat dilakukan pemblokiran baik secara sebagian dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen, dengan alasan seperti namun tidak terbatas:
Adanya permintaan dimana Pengguna dapat mengajukan pemblokiran sementara melalui call center indibizPay apabila terjadi suatu indikasi penipuan atau fraud dalam Akun Pengguna.
Pengguna sepakat bahwa indibizPay berdasarkan pertimbangannya berhak melakukan pemblokiran Akun jika Pengguna terbukti melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau terdapat indikasi bahwa Akun Pengguna tersebut patut diduga disalahgunakan, termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak lain dan/atau TELKOM.
indibizPay berhak untuk memblokir Akun Pengguna apabila terbukti bahwa Produk Toko adalah termasuk barang-barang di bawah ini:
Daftar Barang yang dilarang
Alat cetak pos
Alkohol
Artefak/ barang antik
Bagian/ Organ Manusia
Barang curian
Barang dengan label salah
Barang lain yang melanggar hukum Indonesia
Barang mistis
Barang yang berhubungan dengan kepolisian/ militer
Barang yang diembargo
Barang yang mengandung unsur SARA
Barang yang mudah meledak atau terbakar
Binatang peliharaan/liar
Buku, CD, DVD, software bajakan
Cetakan/ barang yang dapat mengganggu stabilitas nasional
Dokumen pemerintahan dan perjalanan
Dokumen resmi dan sertifikat
Gadget replika atau berasal dari BM
Ganja
Iklan
Jamur liar
Jasa, donasi, sewa, promo event
Kartu Kredit / Debit
Kontrak
Konverter katalis dan pipa uji
Kosmetika bekas
Mailing list / informasi pribadi
Makanan yang diklaim obat – obatan, makanan berbahaya
Mata uang
Memorabilia politik
Merk dagang
Mesin slot dan peralatan judi lainnya
Narkotika
Obat yang tidak terdaftar BPOM
Obat yang harus menggunakan resep dokter
Pembuka kunci dan perlengkapannya yang dapat menunjang perampokan/pencurian
Peralatan elektronik, komunikasi, pengacak dan pengintai nya
Perangko, materai, saham, uang, mata uang palsu
Pestisida
Pornografi, sex toys dan barang lain yang sejenis
Produk susu non-pasteurisasi
Produk yang bukan produk asli dengan nama merek terdaftar, MLM
Rokok, produk tembakau, rokok elektronik
Senjata api, air soft gun dan sejenisnya beserta perlengkapannya
Tiket lotre
Pengguna dapat mengajukan permohonan pembukaan pemblokiran melalui call center indibizPay apabila indikasi penipuan atau fraud Akun Pengguna dan alasan-alasan sebagaimana tersebut pada poin 1, 2, dan 3 di atas telah tersolusikan dengan terlebih dahulu dilakukan proses verifikasi data oleh indibizPay.
K. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum
Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan indibizPay atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan indibizPay diberikan kepada Pengguna pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan indibizPay;
Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan indibizPay;
Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
Perselisihan antar Pengguna;
Pencemaran nama baik pihak lain;
Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apapun mengatasnamakan TELKOM maupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan indibizPay; Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan indibizPay;
Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan indibizPay;
Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna;
Force Majeure.
L. Kritik dan/atau Saran
Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan indibizPay, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan dengan melampirkan fotokopi identitas Pengguna:
Secara tertulis melalui Whatsapp +62 822 32 100 100
Langsung ke alamat lengkap: Menara Multimedia lt. 14, Jl. Kebon Sirih No. 12, Jakarta Pusat 10110
Dalam hal adanya penambahan dan/atau pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website www.indibizpay.id.
indibizPay akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem indibizPay. indibizPay berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data yang tersimpan pada sistem indibizPay.
indibizPay akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di indibizPay setelah indibizPay menerima keluhan/ pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.
M. Force Majeure
indibizPay dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, pandemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, indibizPay dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/atau aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.
N. Penyelesaian Perselisihan
Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.
Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.
O. Hukum yang Berlaku
Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).
P. Ketentuan Penutup
Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan indibizPay setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu, dengan menerbitkan Syarat dan Ketentuan indibizPay yang diubah dan dinyatakan ulang di Situs indibizPay, www.indibizpay.id/syarat-dan-ketentuan dan perubahan tersebut berlaku sejak tanggal diterbitkan di Situs indibizPay Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan indibizPay beserta perubahannya dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak menyetujui perubahan pada Syarat dan Ketentuan indibizPay, Anda dapat berhenti menggunakan Layanan dengan ketentuan sebagaimana ditentukan dalam Kebijakan Privasi Bagian Penghapusan atau Pemusnahan.
Syarat dan Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak indibizPay pada tanggal 3 Oktober 2022.